Tips Document Printing di Linux (IGOS Nusantara)

Saya katakan kamu telah siap untuk melakukan printing pada dokumenmu. Tips ini saya tulis yang diangkat dari kisah nyata :D.

Begini kisahnya, saat printing dokumen .pdf, kertas pada printer saya mengalami “kasak-kusuk” sehingga tersendatlah printer untuk melakukan pencetakan. Setelah diambil kertas yang tersendat tadi dan merapikan kertas yang lainnya, printing dilanjutkan, (ini permasalahannya) printing dilanjutkan dengan mengulangi print dokumen dari halaman yang gagal dicetak tadi, ini saya lakukan karena tombol Resume printer (yg berkedip orange) tidak memberi efek untuk melanjutkan printing halaman berikutnya.

Apa akibatnya dari apa yang saya lakukan tadi ? akibatnya adalah duplikasi printing dokumen. Simulasinya seperti ini.
(Anggap saya memiliki dokumen .pdf dengan 5 halaman)

(printing awal)         1   2   3   4   5              (printing belum selesai & terjadi error di [ ] )
(terjadi error)            1   2  [3] 4   5
(printing kedua)      3   4   5
(hasil printing)         4   5   3   4   5

Dari simulasi diatas, printer akan menyelesaikan printing awal yaitu dimulai dari halaman ke-4 hingga 5 lalu kemudian melanjutkan printing kedua.

Masalah ini akan menjadi rumit ketika sering terjadi gagal printing akibat kertas yang “kasak-kusuk”, kertas habis, dll. Untuk hal ini, agar jobs printing sebelumnya hilang maka kamu mesti mengecek status printer untuk mengosongkan queue jobs yang ada. Kamu bisa melakukan ini dengan membuka Utilities > Settings > Printers.

 

Screenshot from 2014-04-28 22:13:40

 

Screenshot from 2014-04-28 22:14:51

 

Di Settings Printers ini terlihat jobs memiliki 2 active dokumen yang siap dicetak. Untuk melihatnya tekan tombol Show Jobs seperti terlihat digambar atas dan akan muncul seperti dibawah ini.

Screenshot from 2014-04-28 22:15:58

 

Untuk menghentikan atau lainnya, bisa kamu lakukan beberapa perintah seperti yang ada di kotak merah.

Silahkan diperhatikan bila memiliki masalah seperti ini, dan tidak terjadi kebingungan terlebih disaat mendesak untuk mencetak dokumen.
Alhamdulillah, semoga bermanfaat.

 

 

 

Leave a comment